Friday, 29 December 2017

Tips Menulis Novel Fiksi Untuk Pemula [3]

Saichan Ahmed/Doc.Pribadi


Dalam membuat sebuah novel,  kita memerlukan KARAKTER. Cerita dapat dikatakan bagus  apabila KARAKTER yang kita ciptakan sangat kuat. Contohnya JK Rowling dengan Karakter Harry Potternya.

Di novel Harry Potter Buku 3 [Harry Potter And The Prisioner Of Azkaban], JK Rowling menjelaskan karakter  tentang Harry di bagian awal chapter Pos Burung Hantu.


Harry Potter adalah adalah anak yang sangat istimewa dalam banyak hal. Misalnya saja, dia paling benci liburan musim panas disbanding waktu – waktu lainnya. Contoh lain lagi, dia ingin sekali mengerjakan PR-nya, tetapi dia terpaksa mengerjakannya pada larut malam secara sembunyi – sembunyi. Dan dia kebetulan juga penyihir. [Harry Potter And The Prisioner Of Azkaban]




Karakter Harry Potter sangat kuat, semua orang pasti ingat Harry Potter. Bagaimana bisa membuat karakter yang sangat kuat.

Kita sebagai penulis, harus sangat dan wajib mengenal baik karakter yang kita ciptakan. Cerita akan menarik jika karakter yang hidup didalamnya sangat menarik.

Ada 2 jenis untuk menggali karakter yang kita ciptakan, yaitu:

1. Karakter Lapis Dalam Diri

Lapisan dalam diri karakter berarti mengenai hal - hal yang berkaitan dengan kepribadian karakter tersebut. Bisa berisi pikiran dan hati  si karakter. Sifatnya, dari segi sifat apa yang dia takuti, bagaimana kepribadiannya, bodoh kah atau pintar kah.

Mari kita buat Tabelnya - Tabel Lapisan Dalam Diri 

Nama:
Umur:
Wants:
Needs:
Strenght:
Weakness:

Mari kita telaah satu per satu.

Nama; nama ini merupakan nama untuk karakter kita. Buatlah nama yang sederhana, dan mudah di ingat oleh pembaca. Jangan membuat nama yang sulit ataupun terlalu heboh misalnya Albermonsterich. Buatlah nama yang sederhana dan terlihat beda contohnya ARSLAN.

Umur; umur si karakter, ini sangat berpengaruh dalam kepribadian seseorang. Dan pastikan umurnya sesuai dengan kepribadian yang kamu ciptakan.

Wants; wants merupakan hal yang diinginkan oleh sang karakter. Apa yang dijadikan keinginan karakter sepanjang cerita tersebut.

Needs; Kebutuhan sang karakter, kalian listkan/ jabarkan segela kebutuhan yang dibutuhkan oleh sang karakter. Misalnya di novel percintaan, sang karakter membutuhkan pacar.

Strenght; Yang ini berupa kekuatan, apa saja kekuatan yang ada didalam diri si karakter utama. Misalnya kekuatan sang karakter utamanya ialah TULUS.


Weakness; kelemahan bagi sang karakter, kalian perlu juga menjabarkannya dalam catatanmu. Misalnya ialah BODOH.

Adanya kekuatan dan kelemahan dalam karakter yang kalian ciptakan, maka kalian dapat membuat dia menjadi berbeda dari pada yang lain.


Yuk, tulis di catatan kalian mengenai Karakter kalian dalam Lingkar Dalam Diri?



0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *