Thursday, 21 December 2017

Tips Menulis Novel Fiksi Untuk Pemula [1]





Apakah kamu pernah mengalami, dimana kamu mempunyai ide cermerlang tentang naskah novelmu.

Ide udah keren banget, tetapi dipertengahan jalan tiba-tiba kamu merasa buntu, selanjutnya kamu sudah malas melanjutkan tulisanmu.

Kebanyakan orang menulis tanpa ada persiapan yang matang, dan hanya menulis tanpa membuat persiapan apapun. Kemudian tulisanmu terjebak hingga tidak ada ide untuk menulis kembali.

Kemudian ada seseorang yang menulis naskah, dipertengah jalan merasa karakter ataupun ceritanya tidak seru.

Apakah anda, pernah mengalami hal seperti ini?

Saya pun pernah mengalami hal seperti ini. Tetapi saya melatih dan mengasah lagi kemampuan saya dalam menulis. Belajar lah dari guru ataupun mentor yang baik dan berpengalaman.

Seringlah anda membaca buku-buku mengenai kepenulisan, dan juga baca buku-buku novel yang anda sukai contohnya kamu ingin seperti JK Rowling bacalah buku JK Rowling dan cermati cara teknik penulisannya.

Penulisan novel yang bagus adalah hanya 10 kata disetiap kalimat. Pakailah bahasa yang lugas dan mudah dipahami oleh pembacamu.

Saya selalunya mengasah tulisan saya dengan mendeskripsikan setiap karakter dan film- film yang saya sukai. Contohnya saja, saya menyukai film yang bergenre fantasy, historical fiksi, anime.

Jadi saya menonton salah satu anime jepang bergenre fantasy, tetapi berunsur historical namun dibumbui menjadi cerita fiksi yang berjudul Shoukoku no Altair.

Kemudian setiap episodenya saya selalu mendeskripsikannya, mulai dari karakter, konflik, kejadian apapun itu yang terjadi di episode tersebut akan saya deskripsikan kembali.

Kemudian saya akan mendeskripsikan karakter-karakter yang saya ciptakan untuk novel saya, mulai dari Nama, Umur, Kekuatan,Kesukaan, Kelemahan.

Untuk lebih mudahnya kalian juga bisa mencari referensi sifat karakter novel kalian berdasarkan Zodiak.






0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *