Friday, 22 December 2017

TIPS MENULIS NOVEL FIKSI UNTUK PEMULA [2]

Ada beberapa step sebelum kamu eksekusi tulisanmu. Tips yang saya berikan ini sangat cocok untuk menggarap tulisan fiksi.

Bukalah pikiranmu dan gali semua ide-ide yang kamu pikirkan. Sebelumnya saya membahas mengenai premis. Premis merupakan kunci penentuan cerita kamu.

Hal yang kalian tentukan untuk mempersiapkan tulisan kalian ialah genre. Genre menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah jenis, tipe ataupun kelompok sastra atas dasar bentuknya.

Prosa (Karangan Bebas): Ragam sastra yang meliputi roman, komedi, fantasi, sejarah, action, dewasa. Ini merupakan bagian dari kelompok atau jenis dalam novel, sastra maupun film.

Setelah kalian menentukan genrenya, kalian perlu menggali ide untuk cerita kalian. Ide bisa datang dari kegelisahan kalian, pengalaman hidup, pengalaman orang lain, atau sejarah-sejarah jaman dahulu.

Ide datang dari kegelisahan. Setiap manusia pasti memiliki kegelisahan, masalah, konflik dan sebagainya.

Setiap cerita pasti akan selalu adanya konflik, tidak ada konflik maka cerita tidak akan menyenangkan dan menarik.

Bagaimana mendapatkan kegelisahan tersebut. Cobalah jujur pada dirimu sendiri.

Ambil pena dan kertas kosong lalu tuliskan hal-hal apa saja yang paling menyakitkan dalam hidupmu, apa yang membuatmu merasa jengkel, orang yang membuatmu menyesuhkan dan sebagainya.



Tulis lah hal-hal negative dan kegelisahan yang ada didirimu. Menulis hal negative sangat mudah dilakukan dari pada menuliskan hal yang positif.



Bersambung...

0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *